10 Feb 2011

Muqoddimah

Segala puji bagi Allah, Yang nilai-Nya tak dapat diuraikan oleh para pembicara, yang nikmat-nikmat-Nya tak terhitung oleh para penghitung, yang hak-hak-Nya atas ketaatan tak dapat di penuhi oleh orang-orang yang berusaha mentaati-Nya ; orang yang tinggi kemampuan akalnya tak dapat menilai,dan penyalaman pengertian tak dapat mencapai-Nya.

Segala puji bagi Allah, Yang telah menciptakan makhluk dengan Cinta dan memusnahkan makhluk pula karena Cinta. Sesungguhnya semua berawal dari-Nya dan akan berakhir kepada-Nya. Di antara awal dan akhir terdapat kehidupan,dan kehidupan akan tegak menakala disirami cahaya cinta.

Yang di terangi cahaya iman,yang dibimbing kearifan dan kebijaksanaan, yang berhati bersih, dan yang memiliki perasaan lembut.

Cintai kekasihmu sewajarnya(tidak berlebihan) karena mungkin saja suatu saat dia menjadi musuhmu, dan bencilah musuhmu sewajarnya karena mungkin saja suatu saat dia menjadi kekasihmu,

Pengrang al-Hikam al’Atha’iyah berkata, “Pencinta bukanlah orang yang mengharap ganti dari kekasihnya atau meminta Kepentingan kepadanya. “Cinta yang masih dilandasi syarat-syarat tertentu, bukanlah cinta, melainkan sebentuk rekayasa demi memperoleh kepentingan. Sikap dibuat-buat terhadap sesama hamba, biasanya berdasarkan keinginan untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Ini bukanlah cinta. Ini penipuan tingkat tinggi atas nama cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar