11 Feb 2011

Bahaya Merokok

Bagaimana Cara Berhenti Merokok????????????.................

Iklan rokok dan berbagai cara pemasaran rokok seola-olah bersaing dengan iklan anti rokok atau peringatan bahaya antiroko yang di keluarkan pemerintah.persaingan ketat ini melahirkan penafsiran: Ternyata yang menang justru iklan ROKOK yang sangat menggoda itu. Dampaknya sangat kuat sehingga jumlah perokok setiap hari terus bertambah. Inilah kenyataan yang paling menyedihkan.

Mengapa ROKOK tidak di larang???? Inilah pertanyaan yang dilematis. Di satu sisi ROKOK membahayakan Kesehatan.
Berapa biaya yang harus di bayar pemerintah akibat dampak negative ROKOK????? Berdasarkan Data Bank Dunia pada 1990, Pemerintah Indonesia harus mengeluarkan 1,7 TRILUN rupiah untuk membayar kesehatan rakyat akibat ROKOK. Saat itu pendapatan pemerintah dari cukai ROKOK 2,6 TRILIUN rupiah. Adapun masyarakat sendiri harus membayar biaya pengobatan akibat ROKOK senilai 14,5 TRILUN rupiah. Hal itu terjadi di Indonesia, sedangkan di Guetemala lebih parah lagi. Biaya yang di keluarkan pemerintah untuk menangani berbagai penyakit akibat ROKOK sekitar 800 juta dolar AS, di Costa Rika 534 juta dolar AS,dan di india mencapai 8 miliar dolar AS.lalu,mengapa tembakau masih tetap ditanam di berbagai Negara?

Hampir setiap perokok yang sungguh-sungguh ingin berhenti meROKOK akan menghadapi suatu perjuangan yang hebat.

Langkah-langkah untuk membantu berhenti meROKOK
1. Bertekadlah dengan sungguh-sungguh untuk berhenti meROKOK dan mulailah dalam waktu dekat. Walaupun kebiasaan meROKOK sudah sangat kuat, pengendalian diri lebih penting. Ini bias menekan keinginan meROKOK pelan-pelan di hentikan.
2. Hindari dan buanglah sisa ROKOK yang masih ada di tempat kita. Lalu, Jauhkan benda yang ada hubungannya dengan ROKOK, Misalnya ASBAK.menjauhlah dari tempat kita biasa meROKOK. Jauhkan diri kita dari para peROKOK lain sedapat mungkin, Khususnya selama beberapa minggu berikutnya. Hal ini akan menjauhkan godaan dan menguatkan keputusan kita untuk tidak mengawalinya lagi.
3. Minumlah air sekurang-kurangnya 8 gelas sehari. Gantilah kopi,teh,dan minuman bersoda dengan sri buah atau jus. Karena kopi,the dan minuman bersoda dapat merangsang kita untuk meROKOK kembali.
4. Usahakanlah kita agar selalu sibuk atau berkiprah dengan kegiatan lain. Lakukanlah olah raga di alam terbuka, cukup gerak badan, dan bernapaslah dalam-dalam. Ini akan membersihkan paru-paru dan memperbaiki perasaan kesehatan kita. Lakukanlahhobi kuta dalam waktu luang.
5. Jagalah makanan kita. Usahakanlah makan banyak buah dan sayuran yang segar. Ini merupakan suatu usaha penawar yang manjur melawan racun tembakau.
6. Usahakanlah waktu tidur kita cukup antara 7 atau 8 jam sehari. Juga sehari dalam seminggu untuk istirahat. Sering seseorang meROKOK untuk mengurangi ketegangan, tetapi tidur dan istirahat menghilangkan ketegangan,lebih baik dari pada meROKOK.
7. Bau ROKOk akan mengingatkan kita untuk meROKOK. Usahakan sikat gigi segera setelah habis makan.
8. Jangan RAGU-RAGU dalam berkeputusan untuk MENGALAHKAN kebiasaan meROKOK itu.
9. Kalau niat kuat dan segala usaha telah di lakukan demi menghentikan kebiasaan buruk meROKOK, Jangan lupa bersyukur dan berdo’a kepada ALLAH SWT. Renungkanlah segala nikmat-Nya berupa kesehatan. Jika nikmat berupa Kesehatan itu di SIA-SIAkan,sungguh kita adalah orang yang sangat merugi.

Apakah yang terjadi pada tubuh seorang peROKOK??????.............
Gangguan kesehatan apakah yang di timbulkannya??????????.........

1.Mata Katarak
Semakin banyak meROKOK, Semakin besar kemungkinan mata terkena Katarak. Katarak ini adalah masalah mata yang serius, bahkan bias menyebabkan kebutaan.
2.Pembuluh Darah
PeROKOK mengalami kerusakan lapisan sel pada dinding pembuluh darah. Lemak mudah tertimbun dan aliran darah terganggu. Karbon dioksida terabsorpsi (terserap) dalam darah, membuat transportasi (pengangkutan) oksigen dalam tubuh mengalami gangguan.
3.Paru-Paru
Pada paru-paru peROKOK, ada senyawa lengket yang di sebut TAR. Kapasitas paru-paru menurun. PeROKOK mudah terserang BRONKITIS (radang saluran pernapasan),sesak napas,dan asma serta amphysema(pembengkakan paru-paru). Perokok memiliki kemungkinan meninggal karena kanker paru-paru 20 kali lebih besar dari pada bukan peROKOK.
4.Psiriasis
PeROKOK memiliki kemungkinan terkena psoriasis 2 kali lebih besar dari pada bukan peROKOK. Psiriasis adalah penyakit kulit menahun yang sangat gatal,di tandai oleh petak-petak kemerahan, kering dan mengelupas berupa serpihan warna perak.
5.Luka Lambung
PeROKOK lebih rentan untuk terkena luka lambung.
6.Otak
Cara kerja otak peROKOK sangat terpengaruh. Nikotin dalam ROKOK adalah senyawa kimia yang sangat kuat sehingga dapat menyebabkan kecanduan dan mempengaruhi cara kerja otak.
7.Kulit
MeROKOK menyebabkan aliran darah kekulit menjadi berkurang. Akibatnya,Kulit cepat keriput.
8.Mulut
Gigi menjadi kuning bernoda. Napas menjadi bau. Indra perasa di lidahnya terganggu sehingga rasa makanan tidak enak lagi. Besar kemungkinan peROKOk terkena kanker mulut,lidah,dan bibir.
9.Tenggorokan
Saat asap ROKOK memasuki tenggorokan,senyawa kimia penyebab kanker yang terdapat di asap terkumpul pada selaput mucous(selaput lendir). peROKOK besar kemungkinan terkena kanker tenggorokan.
10.Jantung
MeROKOK adalah penyebab utama serangan jantung.Sejak isapan pertama, jantung akan berdenyut lebih keras. Pembuluh darah menciut,tekanan darah naik dan jantung harus bekerja lebih keras. PeROKOK lebih mudah terkena stoke dan serangan jantung.
11.Jari dan Kuku
Kandungan TAR pada tembakau membuat jari-jari PeROKOK menguning dan kukunya bernoda hitam.

rAYFA AZZAHRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar